Jumat, 19 September 2014

"PERTUMBUHAN BIJI KACANG HIJAU"



BAB 1
PENDAHULUAN
1.1  LatarBelakang
Pertumbuhanadalahaktifitaskehidupan yang tidakdapatdipisahkan, karenaprosesnyaberjalanbersamaan.Pertumbuhandiartikansebagaisuatu proses pertambahanukuranatau volume sertajumlahselsecara irreversible, atautidakdapatkembalikebentuksemula. Perkecambahandiawalidenganpenyerapan air darilingkungan air darilingkungansekitarbiji, baiktanah, udara, maupun media lainnya.Perubahan yang teramatiadalahmembesarnyaukuranbiji yang disebuttahapimbibisi.Bijimenyerap air darilingkungansekelilingnya, baikdaritanahmaupundariudara (dalambentukuap air ataupunembun).Efek yang terjadimembesarnyaukuranbijikarenasel-selembriomembesardanbiji yang melunak. Proses pertumbuhanpadatumbuhan yang sangatpentingadalahadanya proses fotosintesis yang memerlukansinarmatahari. Sinarmataharimemangbergunabagifotosintesispadatumbuhan, namunefek lain darisinarmatahariiniadalahmenekanpertumbuhanseltumbuhan. Hal inimenyebabkantumbuhan yang diterkenacahayamatahariakanlebihpendekdaripadatumbuhan yang tumbuh di tempatgelap.Peristiwainidisebutdenganetiolasi.Dampaktanamanakibatetiolasiadalahtanamantidakdapatmelakukan proses fotosintesis. Padahal proses fotosintesisbertujuanuntukmenghasilkankarbohidrat yang berperanpentingdalampembentukanklorofil. Karenakarbohidrattidakterbentuk, daun pun tanpaklorofilsehinggadauntidakberwarnahijau, melainkankuningpucat.Kondisigelapjugamemacuproduksihormonauksin.Auksinadalahhormontumbuh yang banyakditemukan di sel-sel meristem, sepertiujungakardanujungbatang.Olehkarenaitutanamanakanlebihcepattumbuhdanpanen. Produksiauksinterhambatpadatanaman yang seringterkenasinarmatahari.


1.2 TujuanPenelitian
            Mengamatidanpelajaripertumbuhanpadabijikacanghijaupada ruangan yang gelap tanpa intensitas cahaya matahari.


1.3 RumusanMasalah

1. Apakah tumbuhan kacang hijau itu cepat mengalami pertumbuhan di tempat yang gelap ?


1.4ManfaatPenelitian
Manfaatdaripenelitianiniantara lain dapatmengetahuiefekdarisinarmatahariterhadaptumbuhan, baikefekpositifmaupunnegatif, danmengetahuikondisi yang diperlukanuntukperkecambahanbijikacanghijauyang dilakukan tanpa menggunakan cahaya matahari sertamengetahui factor yang mempengaruhibijikacanghijautersebutuntukberkecambah.




















BAB II
PEMBAHASAN
2.1 KajianTeori
Pertumbuhanpadatanamanterbagidalambeberapatahapan, yaituperkecambahan yang diikutidenganpertumbuhan primer dansekunder.
A. Perkecambahan
Awal perkecambahan dimulai dengan berakhirnya masa dormansi(tidur). Perkecambahanterjadikarenapertumbuhanradikula.Radikula tumbuh ke bawah menjadi akar sedangkan plumula tumbuh ke atas menjadi batang.
Perkecambahan ditandai dengan munculnya kecambah, yaitu tumbuhan kecil dan masih hidup dari persediaan makanan yang berada dalam biji. Ada empatbagianpentingpadabijiyangberkecambah, yaitubatanglembaga (kaulikulus), akarembrionik (akarlembaga), kotiledon (daunlembaga), danpucuklembaga (plumula). Kotiledonmerupakancadanganmakananpadakecambahkarenapadasaatperkecambahan, tumbuhanbelumbisamelakukanfotosintesis.
 Perkecambahan biji ada dua macam yaitu perkecambahan epigeal adalah perkecambahan yang mengakibatkan kotiledon terangkat ke atas tanah, misalnya pada perkecambahan kacang hijau (Phaseolus radiatus) dan kacang tanah (Arachis hypogaea). Sedangkan perkecambahan hipogeal adalah perkecambahan yang mengakibatkan kotiledon tetap tertanam di dalam tanah, misalnya pada perkecambahan kacang kapri (Pisum sativum), jagung (Zea mays), dan padi (Oryza sativa).
B. Pertumbuhan primer
Pertumbuhan primer adalah pertumbuhan yang disebabkanoleh kegiatan titik tumbuh primer. Pertumbuhan primer pada tumbuhan hanya terjadi pada bagian tertentu saja yaitu pada bagian yang aktif membelah dan tumbuh. Bagian tersebut disebut jaringan meristem. Pada jaringan meristem terdapat bagian titik tumbuh akar dan titik tumbuh batang yang telah mulai terbentuk sejak tumbuhan masih berupa embrio.




C.Pertumbuhan Sekunder.
Pertumbuhan sekunder adalah pertumbuhan yang disebabkan oleh kegiatan cambium yang bersifat meristematik. Pertumbuhan sekunder menyebabkan diameter batang bertambah besar. Pertumbuhan sekunder hanya terjadi pada dikotil dan gymnospermae.

2.2 Hipotesa
Perkecambahan pada biji kacang hijau yang diletakkan di tempat gelap akan mengalami kelajuan pertumbuhan yang tinggi dibandingkan perkecambahan kacang hijau yang diletakkan di dalam ruangan dan di tempat yang terang. Hal ini disebabkan adanya pengaruh hormon auksin yang dipengaruhi oleh cahaya matahari.























BAB III
METODE PENELITIAN
1. VARIABLE
-          VariabelKontrol            : gelas plastic, kapas basah, air, bijikacanghijau, suhu
-          VariabelBebas   : intensitascahayamatahari
-          VariabelTerikat            : pertumbuhanpadabijikacanghijau
2. RANCANGAN PENELITIAN
      AlatdanBahan
1.      1buahgelasplastik
2.      5bijikacanghijau
3.      Kapas basah
4.      MistardanAlatTulis
5.      Air secukupnya
      Cara Kerja
1.      Memilih 5bijikacanghijau yang memilikiukuran yang sama, untukditempatkanpada1gelasplactic.
2.      Memberi label atautandapadagelas plastic tersebut.
3.      Mengambilsejumlahkapas, danmenempatkandalamgelas plastic yang telahdisediakan
4.      Membasahisemuakapastersebutdengan air secukupnya.
5.      Meletakangelas plastic di tempa gelap yang telah di tentukan.
6.Jikabijitelahtumbuh, mengurpanjangbatang (tinggikecambah) bijikacanghijau di gelasplastiktersebut.
7.   Mengamatipertumbuhan yang terjadi, danmencatatpertumbuhankecambahpada interval waktuselama7hari.
8. Membuatkesimpulantentangpertumbuhankecambahpadatempat yang gelap tanpaintensitascahaya matahari.




3. DATA HASIL PERCOBAAN




-          Gelasplastic  “tempatGelap”
Harike-
PerubahanKuantitatif
PerubahanKualitatif
PanjangBatang
(rata-rata)
PanjangDaun
(rata-rata)
Jml. Ygtumbuh
= 5 biji
Tum. Tunas
Warnadaun
1
-
-
-
-
-
2
1 cm
-
2
ü   
-
3
-
-
-
-
-
4
2,5 cm
-
3
ü   
-
5
1,9 cm
0,5 cm
3
ü   
Kuning
6
3,74 cm
1 cm
5
ü   
Kuning
7
4,5 cm
1,5 cm
5
ü   
Kuning

4. PEMECAHAN MASALAH
v  PERTANYAAN
1.      Apakahcahayaberpengaruhterhadappertumbuhankecambah, dan bagaimana perkecambahan tipe epigeal ini pada ruangan yang gelap?

v  JAWABAN
1.      Ya! Sangatberpengaruhkarenatumbuhanmemerlukancahayamatahariuntuktumbuh.Banyaknyacahaya yang diperlukansetiaptanamantidakselalusama. Umumnyacahayamenghambatpertumbuhanmeninggidanmerangsangpembungaan.
    Kecambah yang berada di tempatgelap.ternyatatumbuhlebihcepat, tetapidaunnyakecil tipis, warnanyakekuningan, batangnyalemahdanairnyatidakbanyak. kecambah yang tumbuh di tempatgelaplebihcepattumbuhtinggidaripadakecambah yang tumbuh di dalamruangandan di tempatterangkarenacahayadapatmenguraikanhormonauksin yang dapatmenghambatpertumbuhan.


PENUTUP
A.     KESIMPULAN
Dari Pengamatanpertumbuhanbijikacanghijau yang telahsayalakukan, sayamengambilkesimpulanbahwapadadasarnyatumbuhanmembutuhkancahaya.Banyaksedikitnyacahaya yang dibutuhkantiaptumbuhanberbeda-beda.Dari percobaan yang telah kami lakukanterhadappertumbuhanbijikacanghijauini yang ditambah air dalamkapasyang berada pada ruangan gelap tanpa cahaya matahari,kitadapatmengambilkesimpulanbahwahipotesis yang sayaperkirakantelahbenar.
Tumbuhan yang beradapadatempatgelapakanlebihcepattinggi (etiolasi) .
B.     SARAN
Dalam melakukan pengamatan inimasihterdapatbanyakkekuranganbaikdalampengukuranmaupundalampenganalisaan. Saran sayaSebelumpenanaman ,terlebihdahuludilakukanperendamanuntukmemecahdormansibijiitusendiri. Di mukabumiinitumbuhanadalahsumbermakanan ,marilahkitamenjagakelestariantanamankarenakitamenyadaribahwatanpatanamanatautumbuhankitatidakakanada di mukabumiini. Dan semogadenganadanyamakalah yang kami buat yang berjudul “PengaruhCahayaMatahariTerhadapPertumbuhanBijiKacangHijau “ dapatbermanfaatbagiparapembaca.
Amiin……

Rabu, 12 Maret 2014

BOLVOIN HIJAU


Jika melihat kenyataan sekarang banyak para remaja yang sering merasa gundah, patah hati, dan masalah lain yang berhubungan dengan pasangan. Perasaan tersebut tidak hanya menimpa mereka, perasaan tersebut juga pernah menimpaku. Ini semua karena sebuah bolvoin hijau bermerek faber castel. Takkan lelah kupandangi dan terus kupandangi bolvoin ini, bolvoin pemberian dari si Dia. Dia adalah kakak kelasku pada masa SMA. Dia memang bukan pacar, tetapi kami cukup dekat. Dia yang mengajarkanku kesederhanaan. Dia yang selalu membawa rasa lain saat bertatap muka denganku. Dia punya mata yang indah, mata yang ekspresif. Sorotan matanya yang setiap kali melihatku dengan binar cahaya keindahan. Senyumnya yang indah menambah pesona tersendiri dari dirinya. Aku tak mengerti, sebenarnya apa yang dia rasakan padaku. Setiap bicara dan bertatap muka denganku terlihat sesekali kegugupan dia bicara, salah tingkah, dan nada perhatian yang sering dia lontarkan untukku. Padahal tidak hanya sekali, duakali, bahkan kami bertemu hampir setiap hari kecuali hari minggu. Terasa indah saat bertemu dan bersua dengan dirinya. Dulu, diparkiran samping sekolah seringkali kami bertemu dan mengobrol sejenak, itu yang sering kami lakukan. Tidak bermaksud apa-apa, Kami hanya bercanda biasa. dan memang tak bisa disangkal saat bersama dirinya aku merasa lebih gembira, yang awalnya sempat bete tetapi karena bertemu dengan dirinya rasa bete itu seakan musnah entah kemana. Awalnya aku tak mengerti apa yang kurasakan. Segalanya berubah dan rasa rindu itupun ada. Sejak dia hadir disetiap malam dimimpiku. Aku tau sesuatu sedang terjadi denganku. Tetapi itu semuanya dulu, dan berbeda dengan saat sekarang. Saat dia sudah lulus SMA dan duduk dibangku kuliah. Kini aku sendiri sudah kelas XII, perbedaan suasana diantara kami semakin jelas dan gamblang. Ditandai dengan dia yang kini lebih cuek dan jarang sekali memberi kabar padaku. Rasa sepi, merasa kehilangan, dan sedih ketika keadaan berubah.kini hanya kenangan terdahulu yang bisa aku rasakan. Aku tak lagi melihat senyum binar keindahan darinya. Aku tak lagi merasakan nada perhatian untukku. Yang aku rasakan hanya rasa cuek, dan sepi. Hanya bisa mengenang masa dahulu bersama dia. membayangkan bagaimana senangnya aku, kini telah berubah menjadi keindahan yang tidak bisa disentuh. Hanya terlukis dikhayal dan tidak terlukis dalam kenyataan. Jika rasa kangen itu datang, kualihkan saja pandanganku pada bolvoin hijau yang selalu terpampang di meja belajar kamarku. Kucoba tulis apapun yang sedang aku rasakan dengan bolvoin ini. Bolvoin ini substitusi dirinya. Bolvoin ini satu-satunya pemberiannya yang kini masih aku simpan. Terngiang aku melihat bolvoin ini. Saat aku bayangkan siapa pemegangnya yang dulu. Rasa kangen itu sedikit terobati ketika tanganku memegang bolvoin ini. Yah, walaupun hanya bolvoinnya saja, dan bukan orang yang memberikannya padaku. Kadang aku bingung harus bagaimana aku menyikapi dia yang sekarang. Ketika rasa rindu tiba-tiba datang sakit sekali dirasakan. Aku mencoba menceritakan ini semua kepada teman baikku, supaya lebih sedikit tenang. Tetapi untung tak dapat diraih, dan malang tak dapat ditolak.  Memang menyakitkan bagaimana besarnya masalah kita, orang-orang lain termasuk teman sendiri akan tetap berjalan maju. Tidak ada yang memahami, walaupun ketika kita cerita mereka pasti akan bilang “gue tau perasaan loe, gue tau apa rasanya.” Tapi mereka tidak benar-benar mengerti karena mereka tidak dalam posisi kita. Tidakkkk. Tetapi karena teringat perkataan dia yang masih melekat diingatanku, dia pernah bilang “semua pasti akan indah pada waktunya (D).” Kata-kata inilah yang sedikit memicu semangatku untuk tetap berjalan maju dan berlaku lebih lembut untuk diriku sendiri. Untuk tidak terlalu kebawa rasa sedih yang akan membuat belajarku terganggu. Dan kini aku mulai bangkit kembali, menomor satukan pelajaran dan tetap mengenang dia walaupun tak tahu sampai kapan akan begini, sampai kapan aku merasakan lagi bercanda bersama dia. Tetapi, sebagai pelajar kewajibanku masih banyak, kesuksesan masih harus kuraih. Apalagi teman-temanku yang seringkali memberikan motivasi dengan memberitahukan padaku bahwa tidak ada yang membatalkan kebahagiaanku jika aku setia mengingat bahwa tuhan menciptakan makhluknya untuk bahagia dan dilengkapi dengan sebuah hati yang menguatkanku dan otak untuk memikirkan cara-cara yang paling membahagiakan untuk hidup dengan sepenuhnya. Oleh karena itu, saya harapkan kepada para remaja yang pernah merasa gundah, atau senasib seperti aku janganlah terus berlarut-larut dengan semuanya. Kita harus mengingat bahwa diri kita masih perlu perhatian kita, kita tidak harus membuat diri kita merasa terpuruk. Sebenarnya, diri kita ini membutuhkan perlakuan yang lebih lembut dari kita. Dan dari yang membutuhkan maaf dari kita, utamanya adalah diri kita sendiri. Jangan lagi kita mengeruhinya dengan masalah yang tidak penting. Karena sebenarnya diri kita telah letih menuruti kemauan kita yang terbukti belum mendamaikan dan membuat kenyamanan kita sendiri. Sekarang saatnya kita terus maju, menuju pribadi yang kembali polos dan ikhlas bersikap dan memantaskan diri kita sebagai pribadi yang baik. Jika kita mampu membuat suasana hati kita menjadi damai maka semua akan berjalan dengan lancar. Itu yang seharusnya dilakukan seorang pelajar. Tetap fokus pada belajar, dan menomor sekiankan masalah pasangan.

Jumat, 03 Januari 2014

METABOLISME

Metabolisme (bahasa Yunani: μεταβολισμος, metabolismos, perubahan) adalah semua reaksi kimia yang terjadi di dalam organisme, termasuk yang terjadi di tingkat selular.
Secara umum, metabolisme memiliki dua arah lintasan reaksi kimia organik,
Kedua arah lintasan metabolisme diperlukan setiap organisme untuk dapat bertahan hidup. Arah lintasan metabolisme ditentukan oleh suatu senyawa yang disebut sebagai hormon, dan dipercepat (dikatalisis) oleh enzim. Pada senyawa organik, penentu arah reaksi kimia disebut promoter dan penentu percepatan reaksi kimia disebut katalis.
Pada setiap arah metabolisme, reaksi kimiawi melibatkan sejumlah substrat yang bereaksi dengan dikatalisis enzim pada jenjang-jenjang reaksi guna menghasilkan senyawa intermediat, yang merupakan substrat pada jenjang reaksi berikutnya. Keseluruhan pereaksi kimia yang terlibat pada suatu jenjang reaksi disebut metabolom. Semua ini dipelajari pada suatu cabang ilmu biologi yang disebut metabolomika.

Metabolisme karbohidrat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
[[Berkas:Metabolisme merupakan modifikasi senyawa kimia secara biokimia di dalam organisme dan sel.
Metabolisme karbohidrat Metabolisme mencakup sintesis (anabolisme) dan penguraian (katabolisme) molekul organik kompleks. Metabolisme biasanya terdiri atas tahapan-tahapan yang melibatkan enzim, yang dikenal pula sebagai jalur metabolisme. Metabolism total merupakan semua proses biokimia di dalam organisme. Metabolisme sel mencakup semua proses kimia di dalam sel. Tanpa metabolisme, makhluk hidup tidak dapat bertahan hidup. KARBOHIDRAT merupakan hidrat dari unsur karbon (C). Peristiwa ini banyak dijumpai pada tubuh makhluk hidup, baik tumbuhan, hewan, atau manusia]]

Katabolisme

Jalur katabolisme yang menguraikan molekul kompleks menjadi senyawa sederhana mencakup:
Respirasi sel, jalur metabolisme yang menghasilkan energi (dalam bentuk ATP dan NADPH) dari molekul-molekul bahan bakar (karbohidrat, lemak, dan protein). Jalur-jalur metabolisme respirasi sel juga terlibat dalam pencernaan makanan.

Glikogenolisis adalah lintasan metabolisme yang digunakan oleh tubuh, selain glukoneogenosis, untuk menjaga keseimbangan kadar glukosa di dalam plasma darah untuk menghindari simtoma hipoglisemia. Pada glikogenolisis, glikogen digradasi berturut-turut dengan 3 enzim, glikogen fosforilase, glukosidase, fosfoglukomutase,[1] menjadi glukosa. Hormon yang berperan pada lintasan ini adalah glukagon dan adrenalin

Glikolisis berasal dari kata glukosa dan lisis (pemecahan), adalah serangkaian reaksi biokimia di mana glukosa dioksidasi menjadi molekul asam piruvat. Glikolisis adalah salah satu proses metabolisme yang paling universal yang kita kenal, dan terjadi (dengan berbagai variasi) di banyak jenis sel dalam hampir seluruh bentuk organisme. Proses glikolisis sendiri menghasilkan lebih sedikit energi per molekul glukosa dibandingkan dengan oksidasi aerobik yang sempurna. Energi yang dihasilkan disimpan dalam senyawa organik berupa adenosine triphosphate atau yang lebih umum dikenal dengan istilah ATP dan NADH.
Lintasan glikolisis yang paling umum adalah lintasan Embden-Meyerhof-Parnas (bahasa Inggris: EMP pathway), yang pertama kali ditemukan oleh Gustav Embden, Otto Meyerhof dan Jakub Karol Parnas. Selain itu juga terdapat lintasan Entner–Doudoroff yang ditemukan oleh Michael Doudoroff dan Nathan Entner terjadi hanya pada sel prokariota, dan berbagai lintasan heterofermentatif dan homofermentatif.
Ringkasan reaksi glikolisis pada lintasan EMP adalah sebagai berikut:[1][2]

\mbox{C}_6\mbox{H}_{12}\mbox{O}_6 + \mbox{2ATP} + \mbox{2NAD}^+ \rightarrow \mbox{2Piruvat} + \mbox{4ATP} + \mbox{2NADH}

Sedangkan ringkasan reaksi dari glikolisis, siklus asam sitrat dan fosforilasi oksidatif adalah:[3]

\mbox{C}_6\mbox{H}_{12}\mbox{O}_6 + \mbox{6O}_2 \rightarrow \mbox{6CO}_2 + \mbox{6H}_2\mbox{O} + \mbox{energi}

Anabolisme

Jalur anabolisme yang membentuk senyawa-senyawa dari prekursor sederhana mencakup:
.