Senin, 12 November 2012

makna tahun baru islam (hijriyah)

Hal – hal yang salah yang dilakukan untuk menyikapi tahun baru hijriyah :
1.   Berhura – hura seakan masa bodoh atas kenikmatan yang ALLAH berikan kepada kita.
2.   Tidak bersyukur kepada ALLAH atas nikmat yang diberikan kepada kita.
3.   Mengadakan ritual yang sirik seperti membakar sesajen sesembahan buat jin – jin  ,sedekah alam yang tidak ada aturannya dari Rosul SAW.
4.   Berprasangka buruk kepada orang lain ,dengan saling membidah – bidah kan orang yang sedang berdoa di malam tahun baru.
Hal – hal yang baik dilakukan untuk menyikapi tahun baru hijriyah :
1.   Bersyukur kepada ALLAH atas nikmat yang diberikan kepada kita.
2.   Mengadakan hataman Al Quran dan mempelajari serta menghayatinya agar kita dapat menjadikan AL Quran sebagai benar – benar pedoman bagi hidup kita di tahun berikutnya.
3.   Berdoa kepada ALLAH agar tahun berikutnya lebih baik dari tahun sebelumnya  ( Doa awal tahun)
4.   Memohon ampun kepada ALLAH SWT atas dosa yang banyak kita lakukan ditahun sebelumnya ( Doa ahir tahun )
Jadilah kita sebagai muslim yang baik dan selalu berpegang teguh kepada ajaran Rosul SAW.
Ada beberapa golongan yang tidak suka akan adanya doa awal dan ahir tahun ,
itu semua karena pikiran dangkal mereka.Padahal secara tidak langsung mereka sendiri berdoa minta keselamatan dan kebaikan ditahun berikutnya.Kalau mereka tidak berdoa yang mereka termasuk kategori orang yang sakit hatinya.
“Hai orang-orang beriman, takut kepada Allah dan hendaklah setiap jiwa memperhatikan apa yang telah disiapkannya untuk hari esok dan takut kepada Allah, karena Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan”. (QS.  Al-Hasyr: 18)
Dari takut kepada ALLAH, kita memohon kepada ALLAH SWT agar ditahun berikutnya kita dapat mempersiapkan bekal yang lebih baik dari sebelumnya.Agar hari berikutnya lebih baik dari hari ini.(seperti doa awal tahun)
Rasulullah saw. bersabda: “ Semua anak-anak Adam pernah melakukan kesalahan, dan sebaik-baik oang yang salah adalah yang bertaubat.”  (HR. Ibnu Majah dan Darimi)
Melalui doa ahir tahun kita bertobat kepada ALLAH,atas dosa – dosa yang sangat banyak yang kita lakukan.Malu kita sebagai manusia yang penuh dosa,tidak bertobat kepada ALLAH SWT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar