Jumat, 19 September 2014

"PERTUMBUHAN BIJI KACANG HIJAU"



BAB 1
PENDAHULUAN
1.1  LatarBelakang
Pertumbuhanadalahaktifitaskehidupan yang tidakdapatdipisahkan, karenaprosesnyaberjalanbersamaan.Pertumbuhandiartikansebagaisuatu proses pertambahanukuranatau volume sertajumlahselsecara irreversible, atautidakdapatkembalikebentuksemula. Perkecambahandiawalidenganpenyerapan air darilingkungan air darilingkungansekitarbiji, baiktanah, udara, maupun media lainnya.Perubahan yang teramatiadalahmembesarnyaukuranbiji yang disebuttahapimbibisi.Bijimenyerap air darilingkungansekelilingnya, baikdaritanahmaupundariudara (dalambentukuap air ataupunembun).Efek yang terjadimembesarnyaukuranbijikarenasel-selembriomembesardanbiji yang melunak. Proses pertumbuhanpadatumbuhan yang sangatpentingadalahadanya proses fotosintesis yang memerlukansinarmatahari. Sinarmataharimemangbergunabagifotosintesispadatumbuhan, namunefek lain darisinarmatahariiniadalahmenekanpertumbuhanseltumbuhan. Hal inimenyebabkantumbuhan yang diterkenacahayamatahariakanlebihpendekdaripadatumbuhan yang tumbuh di tempatgelap.Peristiwainidisebutdenganetiolasi.Dampaktanamanakibatetiolasiadalahtanamantidakdapatmelakukan proses fotosintesis. Padahal proses fotosintesisbertujuanuntukmenghasilkankarbohidrat yang berperanpentingdalampembentukanklorofil. Karenakarbohidrattidakterbentuk, daun pun tanpaklorofilsehinggadauntidakberwarnahijau, melainkankuningpucat.Kondisigelapjugamemacuproduksihormonauksin.Auksinadalahhormontumbuh yang banyakditemukan di sel-sel meristem, sepertiujungakardanujungbatang.Olehkarenaitutanamanakanlebihcepattumbuhdanpanen. Produksiauksinterhambatpadatanaman yang seringterkenasinarmatahari.


1.2 TujuanPenelitian
            Mengamatidanpelajaripertumbuhanpadabijikacanghijaupada ruangan yang gelap tanpa intensitas cahaya matahari.


1.3 RumusanMasalah

1. Apakah tumbuhan kacang hijau itu cepat mengalami pertumbuhan di tempat yang gelap ?


1.4ManfaatPenelitian
Manfaatdaripenelitianiniantara lain dapatmengetahuiefekdarisinarmatahariterhadaptumbuhan, baikefekpositifmaupunnegatif, danmengetahuikondisi yang diperlukanuntukperkecambahanbijikacanghijauyang dilakukan tanpa menggunakan cahaya matahari sertamengetahui factor yang mempengaruhibijikacanghijautersebutuntukberkecambah.




















BAB II
PEMBAHASAN
2.1 KajianTeori
Pertumbuhanpadatanamanterbagidalambeberapatahapan, yaituperkecambahan yang diikutidenganpertumbuhan primer dansekunder.
A. Perkecambahan
Awal perkecambahan dimulai dengan berakhirnya masa dormansi(tidur). Perkecambahanterjadikarenapertumbuhanradikula.Radikula tumbuh ke bawah menjadi akar sedangkan plumula tumbuh ke atas menjadi batang.
Perkecambahan ditandai dengan munculnya kecambah, yaitu tumbuhan kecil dan masih hidup dari persediaan makanan yang berada dalam biji. Ada empatbagianpentingpadabijiyangberkecambah, yaitubatanglembaga (kaulikulus), akarembrionik (akarlembaga), kotiledon (daunlembaga), danpucuklembaga (plumula). Kotiledonmerupakancadanganmakananpadakecambahkarenapadasaatperkecambahan, tumbuhanbelumbisamelakukanfotosintesis.
 Perkecambahan biji ada dua macam yaitu perkecambahan epigeal adalah perkecambahan yang mengakibatkan kotiledon terangkat ke atas tanah, misalnya pada perkecambahan kacang hijau (Phaseolus radiatus) dan kacang tanah (Arachis hypogaea). Sedangkan perkecambahan hipogeal adalah perkecambahan yang mengakibatkan kotiledon tetap tertanam di dalam tanah, misalnya pada perkecambahan kacang kapri (Pisum sativum), jagung (Zea mays), dan padi (Oryza sativa).
B. Pertumbuhan primer
Pertumbuhan primer adalah pertumbuhan yang disebabkanoleh kegiatan titik tumbuh primer. Pertumbuhan primer pada tumbuhan hanya terjadi pada bagian tertentu saja yaitu pada bagian yang aktif membelah dan tumbuh. Bagian tersebut disebut jaringan meristem. Pada jaringan meristem terdapat bagian titik tumbuh akar dan titik tumbuh batang yang telah mulai terbentuk sejak tumbuhan masih berupa embrio.




C.Pertumbuhan Sekunder.
Pertumbuhan sekunder adalah pertumbuhan yang disebabkan oleh kegiatan cambium yang bersifat meristematik. Pertumbuhan sekunder menyebabkan diameter batang bertambah besar. Pertumbuhan sekunder hanya terjadi pada dikotil dan gymnospermae.

2.2 Hipotesa
Perkecambahan pada biji kacang hijau yang diletakkan di tempat gelap akan mengalami kelajuan pertumbuhan yang tinggi dibandingkan perkecambahan kacang hijau yang diletakkan di dalam ruangan dan di tempat yang terang. Hal ini disebabkan adanya pengaruh hormon auksin yang dipengaruhi oleh cahaya matahari.























BAB III
METODE PENELITIAN
1. VARIABLE
-          VariabelKontrol            : gelas plastic, kapas basah, air, bijikacanghijau, suhu
-          VariabelBebas   : intensitascahayamatahari
-          VariabelTerikat            : pertumbuhanpadabijikacanghijau
2. RANCANGAN PENELITIAN
      AlatdanBahan
1.      1buahgelasplastik
2.      5bijikacanghijau
3.      Kapas basah
4.      MistardanAlatTulis
5.      Air secukupnya
      Cara Kerja
1.      Memilih 5bijikacanghijau yang memilikiukuran yang sama, untukditempatkanpada1gelasplactic.
2.      Memberi label atautandapadagelas plastic tersebut.
3.      Mengambilsejumlahkapas, danmenempatkandalamgelas plastic yang telahdisediakan
4.      Membasahisemuakapastersebutdengan air secukupnya.
5.      Meletakangelas plastic di tempa gelap yang telah di tentukan.
6.Jikabijitelahtumbuh, mengurpanjangbatang (tinggikecambah) bijikacanghijau di gelasplastiktersebut.
7.   Mengamatipertumbuhan yang terjadi, danmencatatpertumbuhankecambahpada interval waktuselama7hari.
8. Membuatkesimpulantentangpertumbuhankecambahpadatempat yang gelap tanpaintensitascahaya matahari.




3. DATA HASIL PERCOBAAN




-          Gelasplastic  “tempatGelap”
Harike-
PerubahanKuantitatif
PerubahanKualitatif
PanjangBatang
(rata-rata)
PanjangDaun
(rata-rata)
Jml. Ygtumbuh
= 5 biji
Tum. Tunas
Warnadaun
1
-
-
-
-
-
2
1 cm
-
2
ü   
-
3
-
-
-
-
-
4
2,5 cm
-
3
ü   
-
5
1,9 cm
0,5 cm
3
ü   
Kuning
6
3,74 cm
1 cm
5
ü   
Kuning
7
4,5 cm
1,5 cm
5
ü   
Kuning

4. PEMECAHAN MASALAH
v  PERTANYAAN
1.      Apakahcahayaberpengaruhterhadappertumbuhankecambah, dan bagaimana perkecambahan tipe epigeal ini pada ruangan yang gelap?

v  JAWABAN
1.      Ya! Sangatberpengaruhkarenatumbuhanmemerlukancahayamatahariuntuktumbuh.Banyaknyacahaya yang diperlukansetiaptanamantidakselalusama. Umumnyacahayamenghambatpertumbuhanmeninggidanmerangsangpembungaan.
    Kecambah yang berada di tempatgelap.ternyatatumbuhlebihcepat, tetapidaunnyakecil tipis, warnanyakekuningan, batangnyalemahdanairnyatidakbanyak. kecambah yang tumbuh di tempatgelaplebihcepattumbuhtinggidaripadakecambah yang tumbuh di dalamruangandan di tempatterangkarenacahayadapatmenguraikanhormonauksin yang dapatmenghambatpertumbuhan.


PENUTUP
A.     KESIMPULAN
Dari Pengamatanpertumbuhanbijikacanghijau yang telahsayalakukan, sayamengambilkesimpulanbahwapadadasarnyatumbuhanmembutuhkancahaya.Banyaksedikitnyacahaya yang dibutuhkantiaptumbuhanberbeda-beda.Dari percobaan yang telah kami lakukanterhadappertumbuhanbijikacanghijauini yang ditambah air dalamkapasyang berada pada ruangan gelap tanpa cahaya matahari,kitadapatmengambilkesimpulanbahwahipotesis yang sayaperkirakantelahbenar.
Tumbuhan yang beradapadatempatgelapakanlebihcepattinggi (etiolasi) .
B.     SARAN
Dalam melakukan pengamatan inimasihterdapatbanyakkekuranganbaikdalampengukuranmaupundalampenganalisaan. Saran sayaSebelumpenanaman ,terlebihdahuludilakukanperendamanuntukmemecahdormansibijiitusendiri. Di mukabumiinitumbuhanadalahsumbermakanan ,marilahkitamenjagakelestariantanamankarenakitamenyadaribahwatanpatanamanatautumbuhankitatidakakanada di mukabumiini. Dan semogadenganadanyamakalah yang kami buat yang berjudul “PengaruhCahayaMatahariTerhadapPertumbuhanBijiKacangHijau “ dapatbermanfaatbagiparapembaca.
Amiin……

Tidak ada komentar:

Posting Komentar