Sabtu, 09 Desember 2017

CONTOH RPP KURIKULUM 2013 KELAS 3 TEMA 1 PEMBELAJARAN 2



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
RPP


Nama Sekolah             : SD 1 Panjang
Kelas / Semester          : III / I
Tema 1                        : Perkembangbiakan Hewan dan                                              Tumbuhan
Subtema 2                   : Perkembangbiakan Tumbuhan
Pembelajaran               : 2
Alokasi Waktu            : 3 x 35 Menit
Alokasi Waktu            : 6 x 35 menit (1 hari)
 
 








A.  KOMPETENSI INTI
1)      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2)      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3)      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
4)      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.  KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Bahasa Indonesia
3.2  Menguraikan teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan, serta daur hidup hewan dan pengembangbiakan tanaman dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.2  Menerangkan dan mempraktikkan teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan serta daur hidup hewan dan pengembangbiakan tanaman secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator
1.      Mengidentifikasi isi teks tentang daur hidup tumbuhan.
2.      Menuliskan tahapan daur hidup tumbuhan.
PPKn
3.3  Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah, sekolah, dan masyarakat.
4.3  Berinteraksi dengan beragam orang di lingkungan rumah, sekolah, masyarakat.
Indikator
1.      Mengidentifikasi kegiatan kerja sama di sekolah.
2.      Menjelaskan pentingnya bekerja sama.
C.  TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Dengan membaca, siswa dapat mengidentifikasi isi teks tentang daur hidup tumbuhan dengan benar.
2.      Dengan mengamati gambar, siswa dapat menuliskan tahapan daur hidup tumbuhan dengan benar.
3.      Dengan kegiatan membaca, siswa dapat mengidentifikasi kegiatan bekerja sama di sekolah dengan benar.
D.  MATERI
1.      Perkembangbiakan Tumbuhan dengan Biji
Sebagian besar tumbuhan berkembangbiak dengan biji. Tumbuhan yang sudah dewasa akan berbunga dan menghasilkan buah. Di dalam buah tersebut menghasilkan biji. Biji pada buah tersebut digunakan untuk berkembangbiak menjadi tanaman baru.
Perputaran tahapan perkembangan tersebut membentuk sebuah siklus atau daur hidup.
a.       Bagian-bagian biji
·         Selimut biji berfungsi untuk melindungi biji.
·         Kotiledon berfungsi sebagai sumber makanan untuk calon tumbuhan baru.
·         Embrio yang merupakan calon tumbuhan.
b.      Contoh tanaman yang berkembangbiak dengan biji:
Berikut adalah penjelasan mengenai daur hidup semangka yaitu:
a.       Benih
Biji semangka yang sudah terpisah dari dagingnya akan menjadi benih semangka. Biji semangka ini memiliki cangkang keras serta memiliki fungsi dinding sel pada tumbuhan yang akan membantu proses pertumbuhan.
b.      Tunas kecil
Setelah benih ditanam maka proses selanjutnya adalah benih akan tumbuh menjadi tunas kecil dan mulai terlihat di permukaan tanah.
c.       Bunga Semangka
Ketika semangka sudah merambat maka dalam beberapa waktu kemudian akan muncul bunga dengan bagian-bagian bunganya.
d.      Buah Semangka
Awalnya buah semangka hanya sebesar bola bekel saja, namun ketika sudah mulai pertumbuhan semangka bisa mencapai ukuran sebesar bola basket atau bola voli. Batang pada tanman semangka merambat maka buah semangka akan tumbuh diatas tanah.
2.      Kerja Sama
Kerja sama adalah suatu bentuk kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama untuk bisa mendapatkan atau mencapai tujuan bersama dengan mudah. Tujuan dari adanya kerja sama ini ialah mampu meringankan pekerjaan, menumbuhkan rasa persaudaraan serta bisa mempercepat selesainya pekerjaan yang telah kita lakukan sebelumnya.
Contoh kerja sama di lingkungan sekolah adalah:
a.       Saling membantu saat ada kesulitan.
b.      Membersihkan ruang kelas berdasarkan piket kelas.
c.       Mengerjakan PR atau tugas tepat waktu.
d.      Belajar kelompok.
e.       Menaati semua tata tertib yang ada.
E.   METODE DAN PENDEKATAN
  1. Pendekatan     :    Tematik Integratif Scientific.
2.      Model              :  Student Team Achievement Division (STAD).
  1. Metode            :  Pengamatan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan penyimpulan.
F.   MEDIA PEMBELAJARAN
1.      Gambar Daur Hidup Tumbuhan Semangka.
G.  SUMBER PEMBELAJARAN
1.      Buku Guru Tema 1: Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015).
2.      Buku Siswa Tema 1: Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015).
H.  KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Guru memberi salam, dan siswa menjawab.
2.      Guru mendata kehadiran siswa.
3.      Apersepsi tentang perkembangbiakan tumbuhan dengan biji.
4.      Guru menginformasikan tema pembelajaran, sub tema, materi, dan tujuan yang akan dipelajari.
8 menit
Inti
1.      Siswa mengamati bagian-bagian biji.
2.      Bertanya jawab mengenai fungsi bagian-bagian dari biji.
3.      Siswa mengamati gambar daur hidup semangka.
4.      Diskusi tentang daur hidup semangka dengan menempelkan gambar sesuai dengan urutannya
5.      Siswa menuliskan tahapan dalam daur hidup tanaman semangka.
6.      Siswa membaca peribahasa yang berkaitan dengan pentingnya kegiatan bekerja sama, yaitu “Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing”.
7.      Siswa mengidentifikasi kegiatan-kegiatan kerjasama di sekolah.







90 menit
Penutupan
1.        Siswa bersama guru melakukan refleksi dan menyimpulkan kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.
2.        Guru memberikan informasi tentang materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
3.        Guru dan siswa menyampaikan kesan dan pesan selama mengikuti pembelajaran.
4.        Guru mengajak siswa berdoa bersama.
5.        Guru memberi salam.
7        menit
I.       PENILAIAN
a.       Penilaian Sikap
b.      Penilaian Keterampilan           : Unjuk Kerja
c.       Penilaian Pengetahuan            :  Tes tertulis.
d.      Bentuk instrumen                    :  Uraian.
e.       Contoh instrumen                   :  Lembar soal (terlampir).


     Mengetahui,
     Guru Pamong



     Fitri Linawati, S.Pd.
     NIP. 199203312014022001

Kudus, 7 Agustus 2017


 Praktikan



Desi Aprilliani
 NIM. 201433055



LEMBAR PENILAIAN
1.      Penilaian Unjuk Kerja Menulis Tahapan Daur Hidup Tanaman Semangka
No.
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
1.
Penggunaan huruf besar dan tanda baca.
Menggunakan
huruf besar di
awal kalimat dan
nama orang, serta
menggunakan
tanda titik di akhir
kalimat.
Terdapat 1-2
kesalahan dalam
menggunakan
huruf besar dan
tanda titik.
Terdapat
lebih dari 2
kesalahan dalam
menggunakan
huruf besar dan
tanda titik.
Tidak satu pun
kalimat yang
menggunakan
huruf besar dan
tanda titik.
2.
Kesesuaian isi
laporan yang
ditulis.
Seluruh isi teks
yang ditulis sesuai
dengan isi laporan
yang diminta.
Setengah atau
lebih isi teks yang
ditulis sesuai
dengan isi laporan
yang diminta.
Kurang dari
setengah isi teks
yang ditulis sesuai
dengan isi laporan
yang diminta.
Semua isi teks
belum sesuai.
3.
Penulisan.
Penulisan kata
sudah tepat.
Terdapat 1-2 kata
yang kurang tepat
dalam penulisan.
Lebih dari 2 kata
yang kurang tepat
dalam penulisan
Semua kata belum
tepat dalam
penulisan.
4.
Penggunaan
kalimat yang
efektif.
Semua kata
menggunakan
kalimat yang
efektif.
Terdapat 1-2
kalimat yang
menggunakan
kalimat kurang
efektif.
Terdapat lebih dari
2 kalimat yang
menggunakan
kalimat kurang
efektif.
Semua kalimat
menggunakan
kalimat kurang
efektif.

2.      Penilaian Sikap
No.
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Kurang
4
3
2
1
1.
Mendengarkan
Selalu mendengar-kan
teman yang
sedang berbicara.
Mendengar-kan
teman yang
berbicara namun
sesekali masih
perlu diingatkan.
Masih perlu
diingatkan untuk
mendengar-kan
teman yang
sedang berbicara.
Sering
diingatkan untuk
mendengar-kan
teman yang
sedang berbicara
namun tidak
mengindah-kan.

2.
Komunikasi
non verbal
(kontak mata,
bahasa tubuh,
postur, ekspresi
wajah, suara).
Merespon dan
menerapkan
komunikasi
non verbal
dengan tepat.
Merespon
dengan tepat
terhadap
komunikasi non
verbal yang
ditunjukkan
teman.
Sering merespon
kurang tepat
terhadap
komunikasi non
verbal yang
ditunjukkan
teman.
Membutuhkan
bantuan dalam
memahami
bentuk
komunikasi non
verbal yang
ditunjukkan
teman.
3.
Partisipasi
(menyampai-kan
ide, perasaan,
pikiran).
Isi pembicara-an menginspi-rasi
teman, selalu
mendukung
dan memimpin
lainnya saat
diskusi.
Berbicara dan
menerangkan
secara rinci,
merespon sesuai
dengan topik.

Berbicara dan
menerangkan
secara
rinci, namun
terkadang
merespon
kurang sesuai
dengan topik.
Jarang berbicara
selama
proses diskusi
berlangsung.

3.      Penilaian Pengetahuan
Instrumen penilaian: tes tertulis
Tes tertulis              : skor
Nilai maksimal      : 100
Penilaian                 : 1 soal benar bernilai 25.               
Nilai                       : Jumlah Benar / Nilai Maksimal x 100

Konversi Nilai (Skala 0-100)
Predikat
Klasifikasi
76 -100
A
Sangat Baik (SB)
51-75
B
Baik (B)
26 -50
C
Cukup (C)
0 -25
D
Kurang (K)


SOAL TES
1.    Sebutkan tanaman yang berkembangbiak dengan biji!
2.    Sebutkan bagian-bagian dari biji!
3.    Tuliskan tahapan-tahapan perkembangbiakan tanaman semangka!
4.    Sebutkan contoh kerja sama di sekolah!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar