Sabtu, 09 Desember 2017

CONTOH RPP KTSP BAHASA INDONESIA TERLENGKAP UNTUK KELAS VI SD



                               







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
MATA PELAJARAN
BAHASA INDONESIA
KELAS VI SEMESTER 1

Disusun oleh: Desi Aprilliani
Nim: 201433055
Kelas: 5B


Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muria Kudus
2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Identitas RPP
Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia
Aspek Kebahasaan: Menulis
Kelas / Semester: 6 / 1
Alokasi waktu: 2 x 35 menit
A.  Standar Kompetensi
4. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir, ringkasan, dialog, dan parafrase.
B. Kompetensi Dasar
4.4 Mengubah puisi ke dalam bentuk prosa dengan tetap memperhatikan makna puisi.
C. Indikator
1. Mengetahui definisi puisi dan prosa.
2. Mengetahui unsur-unsur puisi.
3. Mengetahui bentuk-bentuk prosa.
4. Mencermati contoh puisi dan prosa.
5. Memparafrasekan puisi menjadi prosa.
D. Tujuan Pembelajaran
1. Melalui diskusi siswa dapat mengetahui definisi puisi dan prosa, unsur-unsur puisi, bentuk-bentuk prosa serta teknik memparafrasekan sebuah puisi ke dalam bentuk prosa.
2. Melalui pengamatan contoh sebuah puisi dan prosa yang telah disediakan, siswa dapat mencermati bentuk dari puisi dan prosa.
4. Melalui praktik dan arahan guru, siswa dapat mengubah puisi ke dalam bentuk prosa.
E. Karakter siswa yang diharapkan
1. Toleransi.
2. Komunikatif.
3. Tekun.
4. Tanggung jawab.
5. Berani.
6. Disiplin.
7. Rasa ingin tahu.
F. Materi Pembelajaran
1. Pokok-pokok materi: definisi puisi dan prosa, unsur-unsur puisi, contoh puisi dan prosa, bentuk-bentuk prosa, dan cara untuk memparafrase puisi ke dalam bentuk prosa.
G. Media dan Sumber Bahan
1. Media.
- Proyeksi visual yang berisi pembelajaran cara pembuatan prosa dari puisi.
2. Sumber
1.    Buku coopertive learning.
2.    Buku guru BSE mata pelajaran bahasa indonesia untuk kelas 6.
3.    Buku pegangan guru.
4.    Buku penilaian pembelajaran bahasa.
5.    Buku pendamping siswa kelas 6.
6.    Buku teori menulis.
7.    Buku teori puisi.
H. Metode Pembelajaran
a.       Metode pembelajaran: Diskusi, Praktik, Tugas, Tanya jawab.
b.      Model Pembelajaran: Model Pembelajaran Demonstrasi.
c.       Pendekatan: Student Centre Learning.
I.     Kegiatan Pembelajaran
a.      Pra kegiatan
1.      Menyiapkan bahan pelajaran.
2.      Menyiapkan media
b.      Proses Kegiatan

Fase
Kegiatan
Guru
Siswa
Alokasi Waktu
1.      Kegiatan Pendahuluan
Penyampaian kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran serta memotivasi siswa untuk mengikuti pelajaran.
1.      Mengabsen siswa, mengkondisikan siswa agar siap menerima pelajaran, mengkomunikasikan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
2.      Melakukan apersepsi dengan bentuk tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari.
3.      Mengajukan pertanyaan tentang puisi.
1.      Mempersiapkan diri menerima pelajaran dan mendengarkan penjelasan guru. (Disiplin)





2.      Menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru (Komunikatif).
5 menit
3.      Kegiatan inti
a.      Eksplorasi
Mendengarkan Penjelasan guru


1.      Memberikan penyajian  materi tentang pengertian puisi, prosa, unsur-unsur puisi, bentuk-bentuk prosa dan teknik memparafrasekan puisi ke dalam bentuk prosa.
2.      Guru memberikan contoh puisi dan prosa melalui media.


1.      Siswa mendengarkan penjelasan materi yang disampaikan oleh guru (Toleransi, rasa ingin tahu).




2.      Siswa mengamati contoh puisi dan prosa yang disediakan oleh guru.(Rasa ingin tahu)

10 menit






5 menit















b.      Elaborasi
1.      Meminta salah satu siswa untuk mendemonstrasikan cara membuat prosa dari parafrase puisi.
2.       Meminta semua  siswa untuk berdiskusi dengan teman sebangku untuk memparafrasekan puisi di lembar kerja siswa yang telah di sediakan.
3.      Guru meminta siswa menyampaikan hasil diskusi secara bergilir.
1.      Salah satu siswa mempraktikkan. (Tanggung jawab)



2.      Siswa memparafrasekan sebuah puisi. (Berani dan tanggung  jawab)




3.      Siswa menyampaikan hasil diskusinya. (Berani dan tanggung jawab)

5 menit






15 menit







15 menit
c.       Konfirmasi
1.      Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui oleh siswa.
2.      Guru memberikan penyimpulan.
1.      Siswa aktif menanyakan kepada guru hal-hal yang belum diketahui. (Komunikatif)
2.      Mendengarkan dengan baik. (Toleransi)
5 menit





5 menit
3. Kegiatan Penutup
1. Memberikan PR kepada siswa.

5 menit

J. Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1. Mengetahui definisi puisi dan prosa.
2. Mencermati bentuk puisi dan prosa.
3. Membaca puisi dengan penghayatan yang baik.
4. Mengubah puisi menjadi prosa.
5. Mempara frasekan sebuah puisi.

Lisan, tertulis, penugasan.
Lembar penilaian produk.
Bagaimana cara membuat prosa dari sebuah puisi yang diparafrasekan.

FORMAT KRITERIA PENILAIAN
a.       Produk
No
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
·         Semua benar
·         Sebagian besar benar
·         Sebagian kecil benar
·         Semua salah
4
3
2
1


b.      Performansi
No
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.




3.
Pengetahuan



Praktik




Sikap
·         Pengetahuan
·         Kadang-kadang
·         Tidak tahu sama sekali

·         Aktif praktik
·         Kadang-kadang aktif
·         Tidak aktif

·         Sangat baik
·         Kadang-kadang baik
·         Tidak sama sekali
4
2
1

4
2
1

4
2
1







c.       Lembar Penilaian

No
Nama
Siswa
Performansi

Praktik
Jumlah Skor

Nilai
Pengetahuan
Praktik
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.








Catatan:
Nilai= (Jumlah skor: jumlah skor maksimal) x 100/16
·         Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan remedial .




Mengetahui                                                                             Kudus, ...............................2016
Kepala SDN ..........                                                                 Guru Mata Pelajaran










 
NIP.....................................                                                    NIP........................................                                                



Bahan Ajar                                                 Lampiran 1

1.      Definisi puisi: Ragam sastra yang bahasanya terikat oleh rima atau sajak serta penyusunann larik dan bait.
2.      Unsur-unsur puisi terdiri dari:
a.      Tema: pokok pikiran yang diangkat menjadi sebuah puisi.
b.      Latar: gambaran tempat, waktu, dan suasana dalam puisi.
c.       Rima: Pengulangan bunyi akhir baris dalam puisi.
d.      Gaya bahasa: Pemakaian bahasa tertentu untuk memperoleh efek khusus yang berhubungan dengan perasaan.
e.       Makna: Arti atau isi yang terkandung dalam puisi.
f.        Amanat: Pesan yang ingin disampaikan pengarang melalui puisi.
3.      Contoh Puisi
Indonesia Tercinta

Indonesia kaya akan budaya
Kekayaan alamnya pun melimpah
Dari Sabang sampai Merauke
Ditali satu dalam nama bangsa
Namun sayang
Banyak rakyat yang belum sejahtera
  Banyak rakyat yang menderita
     Kekurangan pendidikan juga perhatian
Adalah tugas kita
Sebagai generasi muda
Untuk memajukan Indonesia
Dari Sabang sampai Merauke
Sejahtera semua

4.      Definisi prosa: Suatu jenis tulisan yang dibedakan dengan puisi karena variai  ritme yang dimilikinya lebih besar.
5.      Bentuk-bentuk prosa seperti: novel, erpen, riwayat, resensi, dan esay.
6.      Contoh cuplikan prosa.

Indonesia adalah negara tercinta. Indonesia adalah negara yang kaya akan budayanya. Dari Sabang sampai Merauke kekayaan alam di Indonesia sangat melimpah.
Namun sayangnya, banyak rakyat Indonesia yang belum sejahtera. Rakyat Indonesia juga banyak yang menderita. Tak hanya itu, rakyat Indonesia juga kekurangan pendidikan dan juga perhatian dari pemerintah.
Sebagai generasi muda kita juga harus bisa membuat Indonesia dari wilayah Sabang dan Merauke menjadi sejahtera semua.
7.      Mengubah puisi menjadi prosa atau parafrase. Parafrase adalah  menguraikaan sebuah kalimat atau penggalan teks dengan menambahkan kata-kata lain untuk memperjelas isi kalimat. Ini berarti bahwa parafrase puisi adalah menguraikan puisi dengan menambah kata-kata lain, menambah imbuhan, mengartikan lambang, dan lain-lain untuk memperjelas isi puisi.
Teknik parafrase puisi:
1.      Bacalah puisi dengan cermat,
2.      Carilah makna kata sukar atau lambang yang ada,
3.      Tambahkan imbuhan atau tanda baca jika diperlukan, dans
4.      Rangkailah kata-kata dan kalimat dalam setiap baris atau bait menjadi kalimat atau paragraf.
Contoh:
Ibu
Tiada upaya ku membalas kasih sayangmu
Begitu besar rasa cinta kasihmu
Sangat mendalam dan tak tergantikan
Oleh  apapun
.......

Penggalan puisi tersebut dapat diparafrasekan dengan menambah kata-kata dan tanda baca. Tentunya kata-kata yang ditambahkan adalah kata-kata yang tidak menyimpang dengan konteks puisi. Misalnya:

Tiada upaya (a)ku membalas kasih sayangmu(,)
Begitu besar rasa cinta (dan) kasihmu(.)
Sangat mendalam dan tak tergantikan(,)
Oleh  apapun(.)

Hasil parafrase tersebut adalah tiada upaya aku membalas kasih sayangmu, begitu besar rasa cinta dan kasihmu. Sangat mendalam dan tak tergantikan, oleh apapun.



Kunci Jawaban untuk Lembar Kerja Siswa

1.      Pesan yang terkandung dalam puisi “Jasa Petani” adalah supaya kita dapat berterima kasih kepada para petani karena ia telah bekerja keras menyediakan pangan untuk masyarakat.
2.      Hasil parafrase puisi “Jasa Petani” adalah Petani telah bekerja keras untuk masyarakat. Petani bekerja dengan tenaga, waktu, dan biaya untuk mengolah sawah. Kami sangat berterima kasih atas jasa petani, sebab petani bekerja dengan keras terutama saat panen tiba. Petani menghabiskan waktu untuk menjaga padi di sawah dan tikus, burung yang hendak memakan padi.




Lembar KerjaSiswa

Text Box: Nama:
Nomor Absen:
Kelas:
Tanggal:





   
Petunjuk Umum!
1.      Kerjakan dengan hati-hati dan teliti.
2.      Lakukan secara kelompok.
3.      Jika ada hal yang belum mengerti tanyakan kepada guru.
Petunjuk Khusus!
Jawablah pertanyaan berikut ini dengan benar!
Bacalah puisi berikut ini!

Jasa Petani

Kala mentari muncul
Kau sudah bekerja keras
Untuk menghidupi keluargamu
Untuk kebutuhan masyarakat
Begitu banyak yang kau korbankan
Mulai dari waktumu, tenagamu
Dan keuanganmu
Semua kau lakukan dengan masyarakat
Pada waktu padi menguning
Kau harus menjaga sawahmu
Dari tikus, burung dan yang mengganggumu
Terimakasih petani, atas jasa-jasamu

1.      Diskusikan dengan teman sebangkumu! Pesan apa yang terkandung pada puisi “Jas Petani” di atas! Sampaikan secara lisan hasil diskusimu!
2.      Ubahlah Puisi “Jasa Petani” di atas ke dalam prosa sederhana. Setelah selesai sampaikan secara lisan secara bergilir.

Selamat Mengerjakan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar